Jurnal Belajar
Mata Kuliah Belajar dan Pembelajaran
Dosen Pengasuh
Dr. La Maronta Galib, M.Pd
A.
Identitas Jurnal
Nama : Kurniyanti Samsi
Stambuk :
A1C3 13 091
Program Studi/Kelas : Pendidikan Fisika/(A)
Hari, tanggal : Rabu, 19 Maret 2014
Pertemuan :
Ke-1
Tim Penyaji :
Kelompok II
Konsep :
“Hakikat Belajar dan Pembelajaran”
B.
Isi Jurnal
1. Konsep yang
dipelajari
Pada pertemuan pertama ini proses perkuliahan berjalan
dengan presentasi PowerPoint dari kelompok II, dengan topik yang di bawakan
tentang “Hakikat Belajar dan Pembelajaran”, dan konsep-konsep
pembelajarannya antara lain:
a.
Belajar dan
pembelajaran, meliputi :
1)
Pengertian
belajar
2)
Pengertian
pembelajaran
3)
Faktor-faktor
yang mempengaruhi pembelajaran
b.
Ciri-ciri
belajaran dan pembelajaran
c.
Tujuan belajar
dan pembelajaran, meliputi :
1)
Tujuan belajar
2)
Komponen tujuan
belajar
3)
Tujuan
pembelajaran
d.
Langkah-langkah
pembelajaran
2. Hasil berupa
informasi yang dipelajari
Belajar, pada hakekatnya,
adalah proses interaksi terhadap semua situasi yang ada di sekitar individu.
Belajar dapat dipandang sebagai proses yang diarahkan kepada tujuan dan proses
berbuat melalui berbagai pengalaman. Menurut Sudjana,1989 Belajar juga
merupakan proses melihat, mengamati dan memahami sesuatu. Sedangkan menurut
Witherington, 1952 menyebutkan bahwa “Belajar merupakan perubahan dalam
kepribadian yang dimanifestasikan sebagai suatu pola-pola respon yang berupa
keterampilan, sikap, kebiasaan, kecakapan atau pemahaman”. Jadi, belajar adalah suatu proses
yang berlangsung di dalam diri seseorang yang mengubah tingkah lakunya, baik
tingkah laku dalam berpikir, bersikap, dan berbuat.
Tahapan dalam belajar tergantung pada
fase-fase belajar, dan salah satu tahapannya adalah yang dikemukakan oleh
witting yaitu :
Ø Tahap acquisition,
yaitu tahapan perolehan informasi.
Ø Tahap storage, yaitu
tahapan penyimpanan informasi.
Ø Tahap retrieval,
yaitu tahapan pendekatan kembali informasi
Pembelajaran merupakan suatu sistem atau proses
membelajarkan subjek didik/pembelajar yang direncanakan atau didesain,
dilaksanakan, dan dievaluasi secara sistematis agar subjek didik dapat mencapai
tujuan-tujuan pembelajaran secara
efektif dan efisien.
Faktor-faktor
yang mempengaruhi pembelajaran adalah sebagai berikut :
a. Faktor
Kecerdasan
Yang dimaksud dengan
kecerdasan ialah kemampuan seseorang untuk melakukan kegiatan berfikir yang
bersifatnya rumit dan abstrak. Tingkat kecerdasan dari masing-masing tidak
sama. Ada yang tinggi, ada yang sedang dan ada pula yang rendah. Namun,
tingginya kecerdasan seseorang bukanlah suatu jaminan bahwa ia akan berhasil
menyelesaikan pendidikan dengan baik, karena keberhasilan dalam belajar bukan
hanya ditentukan oleh kecerdasan saja tetapi juga oleh faktor-faktor lainnya.
b. Faktor
Belajar
Yang dimaksud dengan faktor
belajar adalah semua segi kegiatan belajar, misalnya kurang dapat memusatkan
perhatian kepada pelajaran yang sedang dihadapi, tidak dapat menguasai kaidah
yang berkaitan sehingga tidak dapat membaca seluruh bahan yang seharusnya
dibaca. Termasuk di sini kurang menguasai cara-cara belajar efektif dan
efisien.
c. Faktor
Sikap
Banyak pengaruh faktor
sikap terhadap kegiatan dan keberhasilan siswa dalam belajar. Sikap dapat
menentukan apakah seseorang akan dapat belajar dengan lancar atau tidak, tahan
lama belajar atau tidak, senang pelajaran yang di hadapinya atau tidak dan banyak
lagi yang lain. Diantara sikap yang dimaksud di sini adalah minat,
keterbukaan pikiran, prasangka atau kesetiaan. Sikap yang positif terhadap
pelajaran merangsang cepatnya kegiatan belajar.
d. Faktor
Kegiatan
Faktor kegiatan ialah
faktor yang ada kaitannya dengan kesehatan, kesegaran jasmani dan keadaan fisik
seseorang. Sebagaimana telah diketahui, badan yang tidak sehat membuat
konsentrasi pikiran terganggu sehingga menganggu kegiatan belajar.
e. Faktor
Emosi dan Sosial
Faktor emosi seperti tidak
senang dan rasa suka dan faktor sosial seperti persaingan dan kerja sama sangat
besar pengaruhnya dalam proses belajar. Ada diantara faktor ini yang sifatnya
mendorong terjadinya belajar tetapi ada juga yang menjadi hambatan terhadap
belajar efektif.
f.
Faktor Lingkungan
Yang dimaksud faktor
lingkungan ialah keadaan dan suasana tempat seseorang belajar. Suasana dan
keadaan tempat belajar itu turut juga menentukan berhasil atau tidaknya
kegiatan belajar. Kebisingan, bau busuk dan nyamuk yang menganggu pada waktu
belajar dan keadaan yang serba kacau di tempat belajar sangat besar pengaruhnya
terhadap keberhasilan belajar. Hubungan yang kurang serasi dengan teman dapat
menganggu kosentrasi dalam belajar.
g. Faktor
Guru
Kepribadian guru, hubungan guru dengan
siswa, kemampuan guru mengajar dan perhatian guru terhadap kemampuan siswanya
turut mempengaruhi keberhasilan belajar. Guru yang kurang mampu dengan baik
dalam mengajar dan yang kurang menguasai bahan yang diajarkan dapat menimbulkan
rasa tidak suka kepada yang diajarkan dan kurangnya dorongan untuk menguasainya
dipihak siswa. Sebaliknya guru yang pandai mengajar yang dapat menimbulkan pada
diri siswa rasa menggemari bahan yang diajarkannya sehingga tanpa disuruh pun
siswa banyak menambah pengetahuannya dibidang itu dengan membaca buku-buku,
majalah dan bahan cetak lainnya. Guru dapat juga menimbulkan semangat belajar
yang tinggi dan dapat juga mengendorkan keinginan belajar yang sungguh-sungguh.
Siswa yang baik berusaha mengatasi kesulitan ini dengan memusatkan perhatian kepada
bahan pelajaran, bukan kepada kepribadian gurunya.
Ciri-ciri belajar, yaitu:
a. Aktifitas yang dapat menghasilkan perubahan dalam diri
seseorang baik secara actual dan potensial.
- Perubahan yang didapat sesungguhnya adalah kemampuan yang baru dan ditempuh dalam jangka waktu yang lama.
- Perubahan terjadi karena ada usaha dari dalam diri setiap individu.
Ciri-ciri pembelajaran
sebagai berikut :
a. Pembelajaran harus membuat siswa belajar
- Tujuan harus ditetapkan terlebih dahulu sebelum proses dilaksanakan
- Pelaksanaannya terkendali, baik isinya, waktu, proses maupun hasil
Tujuan belajar adalah sejumlah hasil belajar yang
menunjukkan bahwa siswa yang telah melakukan tugas belajar yang umumnya
meliputi pengetahuan,keterampilan, dan sikap-sikap yang baru, yang diharapkan
tercapai oleh siswa. Tujuan belajar adalah suatu deskripsi mengenai tingkah
laku yang diharapkan tercapai oleh siswa setelah berlangsungnya proses belajar.
Tujuan pembelajaran adalah suatu pernyataan yang
spesifik yang dinyatakan dalam perilaku atau penampilan yang diwujudkan dalam
bentuk tulisan untuk menggambarkan hasil belajar yang diharapkan.
Langkah-langkah pembelajaran pembelajaran itu
ada tiga bagian yakni sebagai berikut :
a. Kegiatan
awal
Dalam kegiatan awal terdiri beberapa tahapan yaitu sebagai berikut
:
Ø
Orientasi : memusat perhatian siswa
terhadap materi yang akan dibelajarkan.
Ø
Apersepsi : memberikan persepsi awal
kepada siswa tentang materi yang akan diajarkan.
Ø
Motivasi : Guru memberikan gambaran
manfaat mempelajari mata pelajaran yang akan di sampaikan.
Ø
Pemberian Acuan : biasanya berkaitan
dengan kajian ilmu yang akan dipelajari. Pembagian kelompok belajar dan
penjelasan mekanisme pelak-sana¬an pengalaman belajar (sesuai dengan rencana
langkah-langkah pembelajaran).
b.
Kegiatan inti
Kegiatan
inti merupakan proses pemberian pembelajaran sesuai dengan kompetensi dasar
yang hendak dicapai. Kegitan inti ini harus dirinci sedemikian rupa agar siswa
benar-benar memahami kompetensi dasar yang hendak dicapai. Perincian tersebut
termuat dalam pembagian kegiatan inti ini menjadi tiga tahap yaitu ekplorasi,
elaborasi, dan konfirmasi.
Langkah
pembelajaran Inti ini berisi langkah-langkah sistematis yang dilalui siswa
untuk dapat menkonstruksi ilmu sesuai dengan skemata (frame work)
masing-masing. Langkah-langkah tersebut disusun sedemikian rupa agar siswa
dapat menunjukkan perubahan perilaku sebagaimana dituangkan pada tujuan
pembelajaran dan indikator. Untuk memudahkan, sebaiknya kegiatan inti
dilengkapi dengan Lembaran Kerja Siswa (LKS).
d. Kegiatan
penutup
Penutup
merupakan kegiatan akhir pembelajaran. menutup pelajaran tidak hanya sekadar
mengkhiri pelajaran dengan salam, tetapi di sini adalah penekanan/penguatan
terhadap apa yang telah diperoleh siswa selama mengikuti pembelajaran. guru
memberikan simpulan terhadap apa yang telah dipelajari. Dalam kegiatan penutup
juga dilakukan penilaian dan refleksi terhadap pembelajaran yang telah
dilakukan.
Disamping
itu Guru bisa mengarahkan siswa untuk membuat rangkuman/simpulan. Guru
memeriksa hasil belajar siswa. Dapat dengan memberikan tes tertulis atau tes
lisan atau meminta siswa untuk mengulang kembali simpulan yang telah disusun
atau dalam bentuk tanya jawab dengan mengambil ± 25% siswa sebagai sampelnya.
Langkah-langkah
pembelajaran dimungkinkan disusun dalam bentuk seluruh rangkaian kegiatan,
sesuai dengan karakteristik model pembelajaran yang dipilih, menggunakan urutan
sintaks sesuai dengan modelnya. Oleh karena itu, kegiatan pendahuluan/awal,
kegiatan inti, dan kegiatan penutup tidak harus ada dalam setiap pertemuan.
3. Yang perlu
dipelajari lebih lanjut
Yang perlu dipelajari lebih
lanjut adalah bagaimana cara belajar dan melakukan pembelajaran secara efektif
dan menyenangkan yang kemudian dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.
4. Pertanyaan yang
diajukan beserta jawaban dari kelompok II
a. Sadar Dune
(Kelompok 16)
Apa bila seorang siswa memiliki kemampuan
cerdas tetapi tidak memiliki sikap baik. Apakah ia dikatakan belajar atau
tidak?
Jawaban
:
Seseorang itu
sudah belajar, tapi untuk hasil akhirnya belum terpenuhi.
b. Marwani
(Kelompok 9)
Faktor apa saja yang dapat menghambat tujuan
pembelajaran?
Jawaban
:
Faktor yang
dapat menghambat tujuan pembelajaran, yaitu :
Ø Faktor sikap
Ø Faktor kegiatan
Ø Faktor emosi dan sosial
Ø Faktor lingkungan
c. Normayanti (Kelompok
7)
Menurut anda, bagaimana cara seorang guru
membuat suasana belajar menjadi tidak membosankan?
Jawaban
:
Guru dapat
menyelipkan lelucon selama proses pembelajaran. Guru juga dapat membuat bahan
pembelajaran menjadi menarik misalnya membuat powerpoint dengan tema kartun,
agar siswa mudah memahami materi tersebut.
C.
Penilaian Terhadap Tim Penyaji
Penilaian terhadap tim penyanji dapat dilihat
dalam tabel.
No
|
Posisi
|
Penampilan
|
Penguasaan
Konsep
|
Sikap
|
1
|
Penyaji
|
Baik
|
Baik
|
Baik
|
2
|
Penjawab
pertanyaan
|
Baik
|
Baik
|
Baik
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar