Jumat, 28 Agustus 2015

JURNAL BELAJAR "TEORI BELAJAR PIAGET DAN PENERAPANNYA DALAM PEMBELAJARAN FISIKA"



Jurnal Belajar
Mata Kuliah Belajar dan Pembelajaran
Dosen Pengasuh
Dr. La Maronta Galib, M.Pd

A.    Identitas Jurnal
Nama                               : Kurniyanti Samsi
Stambuk                          : A1C3 13 091
Program Studi/Kelas     : Pendidikan Fisika/(A)
Hari, tanggal                   : Rabu, 2 April 2014
Pertemuan                      : Ke-3
Tim Penyaji                     : Kelompok XIV
Konsep                            : “Teori Belajar Piaget dan Penerapannya dalam
Pembelajaran Fisika ”

B.    Isi Jurnal
1.      Konsep yang dipelajari
Pada pertemuan kedua ini proses perkuliahan berjalan dengan presentasi PowerPoint dari kelompok XIV, dengan topik yang di bawakan tentang “Teori Belajar Piaget dan Penerapannya dalam Pembelajaran Fisika”, dan konsep-konsep pembelajarannya antara lain:
a.       Teori Piaget
Menurut Piaget, dasar dari belajar adalah aktivitas anak bila ia berinteraksi dengan lingkungan sosial dan lingkungan fisiknya.

b.      Teori pengetahuan Piaget
a)     Teori Adaptasi Piaget
b)     Teori Pengetahuan Piaget
c)      Teori Konstruktivisme

c.       Empat tahap percepatan perkembangan intelektual pada anak
a)     Tahap sensorimotor : dari lahir-2 tahun.
b)     Tahap Pra operasional : umur 2-7 tahun.
c)      Tahap operasi kongkret : umur 7-11/12 tahun.
d)     Tahap operasi formal: umur 11/12 ke atas.
Organisme hidup dan lahir dengan dua kecenderunngan yang fundamental, yaitu kecenderunag untuk:
a)     Beradaptasi
b)     organisasi (tindakan penataan)
Empat konsep dasar untuk memahami proses-proses adaptasi dan organisasi:
a)     Ekuilibrasi
b)     skema
c)      asimilasi
d)     akomodasi
Empat aspek besar yang ada hubungnnya dengan perkembangan intelektual (kognitif) :
a)     Pendewasaaan/kematangan
b)     Pengalaman fisis
c)      Interaksi social
d)     Keseimbangan

2.      Hasil berupa informasi yang dipelajari
Setelah mengikuti diskusi ini saya memahami bahwa teori Menurut Piaget, dasar dari belajar adalah aktivitas anak bila ia berinteraksi dengan lingkungan sosial dan lingkungan fisiknya.

3.      Yang perlu dipelajari lebih lanjut
Yang perlu dipelajari lebih lanjut adalah mengaplikasikan teori Piaget dalam kehidupan sehari-hari secara langsung, bukan secara teori dan penerapan teori Piaget dalam pembelajaran fisika.

4.      Pertanyaan yang diajukan beserta jawaban dari kelompok XIV
a.       Yonif Sofian
Mengapa dalam teori Piaget aktifitas anak dijadikan dasar dalam perkembangan intelektual anak?
Jawab:
Aktifitas anak dikatakan sebagai dasar dalam penentuan intelektual anak  karena perkembangan intelektual seorang anak akan dimulai dari umur  0 tahun yang mulai beraktifitas walaupun hanya melalui sensorimotorik awalnya yang kemudian akan berkembang dalam beberapa tahap , sehingga Piaget mengungkapkan bahwa intelektual anak dapat ditentukan dengan aktifitas anak itu sendiri.

b.      Suritno Fayanto
Berikan contoh atau aplikasi dari teori Piaget dalam pembelajaran Fisika?
Jawab:
Penerapan teori Piaget dalam pembelajarn Fisika yaitu dengan guru mengaktifkan murid dalam proses belajar mengajar contohnya dalam belajar Fisika yang berhubungan dengan praktek pengukuran dasar, karena Piaget percaya bahwa intelektual seorang anak akan berkembang apabila dia aktif.

c.       Erman Suwardi
Bagaiman penerapan teori Piaget dalam kehidupan sehari-hari?
Jawab:
Penerapan teori Piaget dalam kehidupan sehari-hari yaitu contohnya ketika anak usia nol akan mulai mengalami perkembangan intelektual , hal inidibuktikan ketika dia mendengar suara maka anak tersebut akan menoleh terhadap sumber suara walaupun anak ini belum bisa melihat, slain itu seseorang anak yang paling pertama kali dia kenali adalah puting sus ibunya, tidak dapat dipungkiri bahwa seorang anak membuka mulutnya ketika didekatkan puting susu ibunya dibibirnya.

C.     Penilaian Terhadap Tim Penyaji
Penilaian terhadap tim penyanji dapat dilihat dalam tabel.
No
Posisi
Penampilan
Penguasaan Konsep
Sikap
1
Penyaji
Baik
Baik
Baik
2
Penjawab pertanyaan
Baik
Baik
Baik

Dari nilai 1-100, kelompok XIV mendapat nilai 80.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar