Jurnal Belajar
Mata Kuliah Belajar dan Pembelajaran
Dosen Pengasuh
Dr. La Maronta Galib, M.Pd
A.
Identitas Jurnal
Nama :
Kurniyanti Samsi
Stambuk :
A1C3 13 091
Program Studi/Kelas : Pendidikan Fisika/(A)
Hari, tanggal :
Rabu, 2 April 2014
Pertemuan :
Ke-3
Tim Penyaji :
Kelompok XIV
Konsep :
“Teori Belajar Piaget dan Penerapannya dalam
Pembelajaran Fisika ”
B.
Isi Jurnal
1. Konsep yang
dipelajari
Pada
pertemuan kedua ini proses perkuliahan berjalan dengan presentasi PowerPoint
dari kelompok XIV, dengan topik yang di bawakan tentang “Teori Belajar
Piaget dan Penerapannya dalam Pembelajaran Fisika”, dan konsep-konsep
pembelajarannya antara lain:
a. Teori
Piaget
Menurut
Piaget, dasar dari belajar adalah aktivitas anak bila ia berinteraksi dengan
lingkungan sosial dan lingkungan fisiknya.
b.
Teori
pengetahuan Piaget
a)
Teori
Adaptasi Piaget
b)
Teori
Pengetahuan Piaget
c)
Teori
Konstruktivisme
c.
Empat tahap percepatan perkembangan intelektual pada anak
a)
Tahap
sensorimotor : dari lahir-2 tahun.
b)
Tahap Pra
operasional : umur 2-7 tahun.
c)
Tahap
operasi kongkret : umur 7-11/12 tahun.
d)
Tahap
operasi formal: umur 11/12 ke atas.
Organisme hidup dan lahir dengan dua kecenderunngan
yang fundamental, yaitu kecenderunag untuk:
a)
Beradaptasi
b)
organisasi (tindakan penataan)
Empat konsep
dasar untuk memahami proses-proses adaptasi dan organisasi:
a)
Ekuilibrasi
b)
skema
c)
asimilasi
d)
akomodasi
Empat aspek besar yang ada hubungnnya dengan perkembangan intelektual
(kognitif) :
a)
Pendewasaaan/kematangan
b)
Pengalaman fisis
c)
Interaksi social
d)
Keseimbangan
2. Hasil berupa
informasi yang dipelajari
Setelah
mengikuti diskusi ini saya memahami bahwa teori Menurut Piaget, dasar dari
belajar adalah aktivitas anak bila ia berinteraksi dengan lingkungan sosial dan
lingkungan fisiknya.
3.
Yang perlu dipelajari lebih lanjut
Yang perlu dipelajari lebih lanjut adalah
mengaplikasikan teori Piaget dalam kehidupan sehari-hari secara langsung, bukan
secara teori dan penerapan teori Piaget dalam pembelajaran fisika.
4.
Pertanyaan yang diajukan beserta jawaban dari kelompok XIV
a.
Yonif Sofian
Mengapa dalam teori Piaget aktifitas anak
dijadikan dasar dalam perkembangan intelektual anak?
Jawab:
Aktifitas anak dikatakan sebagai dasar dalam penentuan
intelektual anak karena perkembangan
intelektual seorang anak akan dimulai dari umur
0 tahun yang mulai beraktifitas walaupun hanya melalui sensorimotorik
awalnya yang kemudian akan berkembang dalam beberapa tahap , sehingga Piaget
mengungkapkan bahwa intelektual anak dapat ditentukan dengan aktifitas anak itu
sendiri.
b.
Suritno
Fayanto
Berikan contoh atau aplikasi dari teori
Piaget dalam pembelajaran Fisika?
Jawab:
Penerapan teori Piaget dalam pembelajarn
Fisika yaitu dengan guru mengaktifkan murid dalam proses belajar mengajar
contohnya dalam belajar Fisika yang berhubungan dengan praktek pengukuran
dasar, karena Piaget percaya bahwa intelektual seorang anak akan berkembang
apabila dia aktif.
c.
Erman
Suwardi
Bagaiman penerapan teori Piaget dalam kehidupan
sehari-hari?
Jawab:
Penerapan teori Piaget dalam kehidupan
sehari-hari yaitu contohnya ketika anak usia nol akan mulai mengalami
perkembangan intelektual , hal inidibuktikan ketika dia mendengar suara maka
anak tersebut akan menoleh terhadap sumber suara walaupun anak ini belum bisa
melihat, slain itu seseorang anak yang paling pertama kali dia kenali adalah
puting sus ibunya, tidak dapat dipungkiri bahwa seorang anak membuka mulutnya
ketika didekatkan puting susu ibunya dibibirnya.
C.
Penilaian Terhadap Tim Penyaji
Penilaian terhadap tim penyanji dapat dilihat
dalam tabel.
No
|
Posisi
|
Penampilan
|
Penguasaan
Konsep
|
Sikap
|
1
|
Penyaji
|
Baik
|
Baik
|
Baik
|
2
|
Penjawab
pertanyaan
|
Baik
|
Baik
|
Baik
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar