Jumat, 28 Agustus 2015

JURNAL BELAJAR "TEORI BELAJAR GAGNE DAN PENERAPANNYA DALAM PEMBELAJARAN FISIKA"



Jurnal Belajar
Mata Kuliah Belajar dan Pembelajaran
Dosen Pengasuh
Dr. La Maronta Galib, M.Pd

A.    Identitas Jurnal
Nama                               : Kurniyanti Samsi
Stambuk                          : A1C3 13 091
Program Studi/Kelas     : Pendidikan Fisika/(A)
Hari, tanggal                   : Rabu, 2 April 2014
Pertemuan                      : Ke-3
Tim Penyaji                     : Kelompok X
Konsep                            : “Teori Belajar Gagne dan Penerapannya dalam
Pembelajaran Fisika ”

B.    Isi Jurnal
1.      Konsep yang dipelajari
Pada pertemuan kedua ini proses perkuliahan berjalan dengan presentasi PowerPoint dari kelompok X, dengan topik yang di bawakan tentang “Teori Belajar Gagne dan Penerapannya dalam Pembelajaran Fisika”, dan konsep-konsep pembelajarannya antara lain:
a.       TEORI ROBERT M. GAGNE
Gagne mengemukakan bahwa belajar adalah perubahan yang terjadi dalam kemampuan manusia yang terjadi setelah belajar secara terus-menerus, bukan hanya disebabkan oleh pertumbuhan saja.
Komponen-komponen dalam proses belajar menurut Gagne dapat digambarkan sebagai S-R.

b.      Fase-fase belajar menurut Robert M. Gagne
Fase-fase belajar ini berlaku bagi semua tipe belajar.Menurut Gagne, ada 4 buah fase dalam proses belajar, yaitu:
1)     Fase penerimaan (apprehending phase)
2)     Fase penguasaan (Acquisition phase)
3)     Fase pengendapan (Storage phase)
4)     Fase pengungkapan kembali (Retrieval phase)

c.       Peristiwa belajar menurut Robert M. Gagne
Pembelajaran menurut Gagne hendaknya mampu menimbulkan persitiwa belajar dan proses kognitif.Peristiwa belajar tersebut terdiri atas 9 bagian yaitu:
1)     Menimbulkan minat dan memusatkan perhatian
2)     Menyampaikan tujuan pembelajaran
3)     Mengingat kembali konsep/prinsip yang telah dipelajariyang merupakan prasyarat
4)     Menyampaikan materi pembelajaran
5)     Memberikan bimbingan atau pedoman untuk belajar
6)     Memperoleh unjuk kerja peserta didik
7)     Memberikan umpan balik tentang kebenaran pelaksanaan tugas
8)     Mengukur/mengevaluasi hasil belajar
9)     Memperkuat referensi dan transfer belajar

d.      Kemampuan belajar menurut Robert M. Gagne
Gagne mengkaji masalah belajar yang kompleks dan menyimpulkan bahwa informasi dasar atau keterampilan sederhana yang dipelajari mempengaruhi terjadinya belajar yang lebih rumit.

e.       Tipe-tipe belajar menurut Robert M. Gagne
Gagne mencoba menempatkan tipe belajar itu berada dalam suatu urutan hirakis, yaitu tipe belajar yang satu menjadi dasar atau landasan tipe belajar berikutnya.
Dengandemikian, peserta didik yang tidak menguasai tipe belajar yang terdahulu,  akan mengalami kesulitan dalam mengusai tipe belajar selanjutnya.
1)     Belajar sinyal(signal learning)
2)     Belajar stimulus respon
3)     Belajar merangkai tingkah laku
4)     Belajar asosiasi verbal
5)     Belajar diskriminasi
6)     Belajar konsep
7)     Belajar kaidah
8)     Belajar memecahkan masalah
Dengan demikian, ada beberapa prinsip pembelajaran dari teori gagne, yaitu antara lain berkaitan dengan:
1)     perhatian dan motivasi belajar peserta didik,
2)     keaktifan belajar dan keterlibatan langsung/pengalaman dalam belajar,
3)     pengulangan belajar,
4)     tantangan semangat belajar,
5)     pemberian umpan balik dan penguatan belajar,
6)     adanya perbedaan individual dalam perilaku belajar.

f.        Implikasi teori Robert M. Gagne
1)     Mengontrol perhatian siswa.
2)     Memberikan informasi kepada siswa mengenai hasil belajar yang diharapkan guru.
3)     Merangsang dan mengingatkan kembali  kemampuan-kemampuan siswa.
4)     Penyajian stimuli yang tak bisa dipisah-pisahkan dari tugas belajar.
5)     Memberikan bimbingan belajar.
6)     Memberikan umpan balik.
7)     Memberikan kesempatan pada siswa untuk memeriksa hasil belajar yang telah dicapainya.
8)     Memberikan kesempatan untuk berlangsungnya transfer of learning.
9)     Memberikan kesempatan untuk melakukahn praktek dan penggunaan kemampuan yang baru diberikan.

g.       Penerapan Teori Belajar Menurut Robert M. Gagne Dalam Pembelajaran Fisika
Penerapan teori Gagne dalam pembelajaran fisika tidak terlepas dari peristiwa dan tipe belajar yang terjadi.
Peristiwa belajar menurut Robert M. Gagne, yaitu:
a)     Menimbulkan minat dan memusatkan perhatian
b)     Menyampaikan tujuan pembelajaran
c)      Mengingat kembali konsep/prinsip yang telah dipelajari yang merupakan prasyarat
d)     Menyampaikan materi pembelajaran
e)     Memberikan bimbingan atau pedoman untuk belajar
f)       Memperoleh unjuk kerja peserta didik
g)     Memberikan umpan balik tentang kebenaran pelaksanaan tugas
h)     Mengukur/mengevaluasi hasil belajar
i)       Memperkuat referensi dan transfer belajar
Hasil-Hasil Belajar
a)     Informasi Verbal
b)     Keterampilan Intelektual
c)      Strategi Gognitif
d)     Sikap-Sikap
e)     Ketermpilan-keterampilan

2.      Hasil berupa informasi yang dipelajari
Setelah mengikuti diskusi ini saya memahami bahwa teori Gagne mengemukakan bahwa belajar adalah perubahan yang terjadi dalam kemampuan manusia yang terjadi setelah belajar secara terus-menerus, bukan hanya disebabkan oleh pertumbuhan saja.

3.      Yang perlu dipelajari lebih lanjut
Yang perlu dipelajari lebih lanjut adalah mengaplikasikan teori Gagne dalam kehidupan sehari-hari secara langsung, bukan secara teori dan penerapan teori Gagne dalam pembelajaran fisika.

4.      Pertanyaan yang diajukan beserta jawaban dari kelompok X
a.       Fenny Febriani
Di dalam kasus proses belajar mengajar kita akan menemukan bahwa ada perbedaan minat belajar dari setiap individu, bagaimana solusi kita sebagai pengajar untuk mengatasi hal tersebut?
Jawab:
Yaitu kita sebagai pengajar harus berusaha membangkitkan minat untuk belajar, contoh dengan melakukan hal-hal aneh yang berhubungan dengan pembelajaran yang akan kita berikan dan apabila masih ada saja siswa yang masih belum mempunyai minat belajar maka perlu kita lihat kembali apa penyebabnya? Karena tidak mungkin dalam proses belajar mengajar kita akan lebih mementingkan 0,1% dari 99,9%.

b.      Hardianto Haris
Informasi apa yang didapat oleh Robert M Gagne ketika menyimpulkan bahwa kemampuan belajar seorang anak salah satunya yaitu kemampuan verbal yang terletak pada poin ketiga jenis-jenis kemampuan belajar seorang anak?
Jawab:
Robert M Gagne mengungkapkan bahwa salah satu dari kemampuan belajar adalah kemampuan verbal melalui bikti penelitian di suatu negara bahwa proses belajar itu salah satunya yaitu belajar verbal atau menceritakan kembali pengetahuan dasar yang telah dia miliki. Sehngga Gagne menyimpulkan bahwa salah satu kemampuan belajar seorang anak adalah kemampuan verbal.

c.      Sadar Dune
Apakah tipe-tipe belajar itu memang saling berhubungan satu sama lain dan apakah tipe belajar Gagne tidak dapat diterapkan dalam pembelajaran lain?
Jawab:
Tipe-tipe belajar yang diungkapkan oleh Gagne ini saling berhubungan karena tidak mungkin seorang akan mampu memecahkan suatu masalah tanpa adanya konsep yang kemudian seseorang tidak akan mungkin akan mengetahui konsep tanpa adanya pengetahuan dasar yang dia miliki, selain itu seorang tidak mungkin akan belajar apabila tidak ada stimulus dan respon pada dirinya serta tidak memiliki minat untuk belajar. Tipe belajar Gagne berlaku untuk semua mata pelajaran dan kenapa pemateri hanya mengambil contoh dari fisika karena lebih dekat dari kita atau kita bisa lihat kembali dari judul diskusi ini yaitu penerapan teori belajar dalam pembelajaran Fisika.

C.     Penilaian Terhadap Tim Penyaji
Penilaian terhadap tim penyanji dapat dilihat dalam tabel.
No
Posisi
Penampilan
Penguasaan Konsep
Sikap
1
Penyaji
Baik
Baik
Baik
2
Penjawab pertanyaan
Baik
Baik
Baik

Dari nilai 1-100, kelompok X mendapat nilai 80.



1 komentar:

  1. Assalammualaikum
    Ibu terimakasih untuk jurnalnya, bolehkah saya mengutip isi jurnal ibu untuk referensi skripsi saya. Jika berkenan, saya meminta jurnalnya dalam bentuk pdf, bu. Terimakasih :)

    BalasHapus