Jurnal Belajar
Mata Kuliah Belajar dan Pembelajaran
Dosen Pengasuh
Dr. La Maronta Galib, M.Pd
A.
Identitas Jurnal
Nama :
Kurniyanti Samsi
Stambuk :
A1C3 13 091
Program Studi/Kelas : Pendidikan Fisika/(A)
Hari, tanggal :
Rabu, 2 April 2014
Pertemuan :
Ke-3
Tim Penyaji :
Kelompok X
Konsep :
“Teori Belajar Gagne dan Penerapannya dalam
Pembelajaran Fisika ”
B.
Isi Jurnal
1. Konsep yang
dipelajari
Pada
pertemuan kedua ini proses perkuliahan berjalan dengan presentasi PowerPoint
dari kelompok X, dengan topik yang di bawakan tentang “Teori Belajar Gagne
dan Penerapannya dalam Pembelajaran Fisika”, dan konsep-konsep
pembelajarannya antara lain:
a. TEORI ROBERT M. GAGNE
Gagne
mengemukakan bahwa belajar adalah perubahan yang terjadi dalam kemampuan
manusia yang terjadi setelah belajar secara terus-menerus, bukan hanya
disebabkan oleh pertumbuhan saja.
Komponen-komponen
dalam proses belajar menurut Gagne dapat digambarkan sebagai S-R.
b. Fase-fase belajar menurut Robert
M. Gagne
Fase-fase belajar ini berlaku bagi semua tipe belajar.Menurut Gagne, ada
4 buah fase dalam proses belajar, yaitu:
1) Fase penerimaan (apprehending
phase)
2) Fase
penguasaan (Acquisition phase)
3) Fase
pengendapan (Storage phase)
4) Fase pengungkapan kembali
(Retrieval phase)
c.
Peristiwa belajar menurut Robert M. Gagne
Pembelajaran
menurut Gagne hendaknya mampu menimbulkan persitiwa belajar dan proses
kognitif.Peristiwa belajar tersebut terdiri atas 9 bagian yaitu:
1)
Menimbulkan minat dan memusatkan
perhatian
2)
Menyampaikan tujuan pembelajaran
3)
Mengingat kembali konsep/prinsip yang
telah dipelajariyang merupakan prasyarat
4)
Menyampaikan materi pembelajaran
5)
Memberikan bimbingan atau pedoman untuk
belajar
6)
Memperoleh unjuk kerja peserta didik
7)
Memberikan umpan balik tentang kebenaran
pelaksanaan tugas
8)
Mengukur/mengevaluasi hasil belajar
9)
Memperkuat referensi dan transfer
belajar
d.
Kemampuan belajar menurut Robert M. Gagne
Gagne mengkaji
masalah belajar yang kompleks dan menyimpulkan bahwa informasi dasar atau
keterampilan sederhana yang dipelajari mempengaruhi terjadinya belajar yang
lebih rumit.
e.
Tipe-tipe belajar menurut Robert M. Gagne
Gagne mencoba
menempatkan tipe belajar itu berada dalam suatu urutan hirakis, yaitu tipe
belajar yang satu menjadi dasar atau landasan tipe belajar berikutnya.
Dengandemikian,
peserta didik yang tidak menguasai tipe belajar yang terdahulu, akan
mengalami kesulitan dalam mengusai tipe belajar selanjutnya.
1) Belajar
sinyal(signal learning)
2) Belajar stimulus
respon
3) Belajar merangkai
tingkah laku
4) Belajar asosiasi
verbal
5) Belajar diskriminasi
6) Belajar konsep
7) Belajar kaidah
8) Belajar memecahkan
masalah
Dengan demikian, ada beberapa prinsip pembelajaran dari teori gagne,
yaitu antara lain berkaitan dengan:
1) perhatian
dan motivasi belajar peserta didik,
2) keaktifan
belajar dan keterlibatan langsung/pengalaman dalam belajar,
3) pengulangan
belajar,
4) tantangan
semangat belajar,
5) pemberian
umpan balik dan penguatan belajar,
6) adanya
perbedaan individual dalam perilaku belajar.
f.
Implikasi teori Robert M. Gagne
1) Mengontrol perhatian siswa.
2) Memberikan informasi kepada siswa mengenai hasil belajar yang diharapkan
guru.
3) Merangsang dan mengingatkan kembali kemampuan-kemampuan siswa.
4) Penyajian stimuli yang tak bisa dipisah-pisahkan dari tugas belajar.
5) Memberikan bimbingan belajar.
6) Memberikan umpan balik.
7) Memberikan kesempatan pada siswa untuk memeriksa hasil belajar yang telah
dicapainya.
8) Memberikan kesempatan untuk berlangsungnya transfer of learning.
9) Memberikan kesempatan untuk melakukahn praktek dan penggunaan kemampuan
yang baru diberikan.
g. Penerapan
Teori Belajar Menurut Robert M. Gagne Dalam Pembelajaran Fisika
Penerapan teori
Gagne dalam pembelajaran fisika tidak terlepas dari peristiwa dan tipe belajar
yang terjadi.
Peristiwa belajar menurut Robert M. Gagne,
yaitu:
a) Menimbulkan
minat dan memusatkan perhatian
b) Menyampaikan
tujuan pembelajaran
c) Mengingat
kembali konsep/prinsip yang telah dipelajari yang merupakan prasyarat
d) Menyampaikan
materi pembelajaran
e) Memberikan
bimbingan atau pedoman untuk belajar
f) Memperoleh
unjuk kerja peserta didik
g) Memberikan
umpan balik tentang kebenaran pelaksanaan tugas
h) Mengukur/mengevaluasi
hasil belajar
i) Memperkuat
referensi dan transfer belajar
Hasil-Hasil
Belajar
a) Informasi
Verbal
b) Keterampilan
Intelektual
c) Strategi
Gognitif
d) Sikap-Sikap
e) Ketermpilan-keterampilan
2. Hasil berupa
informasi yang dipelajari
Setelah
mengikuti diskusi ini saya memahami bahwa teori Gagne
mengemukakan bahwa belajar adalah perubahan yang terjadi dalam kemampuan
manusia yang terjadi setelah belajar secara terus-menerus, bukan hanya
disebabkan oleh pertumbuhan saja.
3.
Yang perlu dipelajari lebih lanjut
Yang perlu dipelajari lebih lanjut adalah
mengaplikasikan teori Gagne dalam kehidupan sehari-hari secara langsung, bukan
secara teori dan penerapan teori Gagne dalam pembelajaran fisika.
a.
Fenny
Febriani
Di dalam kasus proses belajar mengajar kita
akan menemukan bahwa ada perbedaan minat belajar dari setiap individu,
bagaimana solusi kita sebagai pengajar untuk mengatasi hal tersebut?
Jawab:
Yaitu kita sebagai pengajar harus berusaha
membangkitkan minat untuk belajar, contoh dengan melakukan hal-hal aneh yang
berhubungan dengan pembelajaran yang akan kita berikan dan apabila masih ada
saja siswa yang masih belum mempunyai minat belajar maka perlu kita lihat
kembali apa penyebabnya? Karena tidak mungkin dalam proses belajar mengajar
kita akan lebih mementingkan 0,1% dari 99,9%.
b.
Hardianto
Haris
Informasi apa yang didapat oleh Robert M
Gagne ketika menyimpulkan bahwa kemampuan belajar seorang anak salah satunya
yaitu kemampuan verbal yang terletak pada poin ketiga jenis-jenis kemampuan
belajar seorang anak?
Jawab:
Robert M Gagne mengungkapkan bahwa salah satu
dari kemampuan belajar adalah kemampuan verbal melalui bikti penelitian di
suatu negara bahwa proses belajar itu salah satunya yaitu belajar verbal atau
menceritakan kembali pengetahuan dasar yang telah dia miliki. Sehngga Gagne
menyimpulkan bahwa salah satu kemampuan belajar seorang anak adalah kemampuan verbal.
c. Sadar Dune
Apakah tipe-tipe belajar itu memang saling
berhubungan satu sama lain dan apakah tipe belajar Gagne tidak dapat diterapkan
dalam pembelajaran lain?
Jawab:
Tipe-tipe belajar yang diungkapkan oleh Gagne
ini saling berhubungan karena tidak mungkin seorang akan mampu memecahkan suatu
masalah tanpa adanya konsep yang kemudian seseorang tidak akan mungkin akan
mengetahui konsep tanpa adanya pengetahuan dasar yang dia miliki, selain itu
seorang tidak mungkin akan belajar apabila tidak ada stimulus dan respon pada
dirinya serta tidak memiliki minat untuk belajar. Tipe belajar Gagne berlaku
untuk semua mata pelajaran dan kenapa pemateri hanya mengambil contoh dari
fisika karena lebih dekat dari kita atau kita bisa lihat kembali dari judul
diskusi ini yaitu penerapan teori belajar dalam pembelajaran Fisika.
C.
Penilaian Terhadap Tim Penyaji
Penilaian terhadap tim penyanji dapat dilihat
dalam tabel.
No
|
Posisi
|
Penampilan
|
Penguasaan
Konsep
|
Sikap
|
1
|
Penyaji
|
Baik
|
Baik
|
Baik
|
2
|
Penjawab
pertanyaan
|
Baik
|
Baik
|
Baik
|
Dari nilai 1-100, kelompok X mendapat nilai 80.
Assalammualaikum
BalasHapusIbu terimakasih untuk jurnalnya, bolehkah saya mengutip isi jurnal ibu untuk referensi skripsi saya. Jika berkenan, saya meminta jurnalnya dalam bentuk pdf, bu. Terimakasih :)