Jurnal Belajar
Mata Kuliah Belajar dan Pembelajaran
Dosen Pengasuh
Dr. La Maronta Galib, M.Pd
A.
Identitas Jurnal
Nama :
Kurniyanti Samsi
Stambuk :
A1C3 13 091
Program Studi/Kelas : Pendidikan Fisika/(A)
Hari, tanggal :
Rabu, 21 Mei 2014
Pertemuan :
Ke-V
Tim Penyaji :
Kelompok IV
Konsep :
“Strategi-strategi Belajar dan Pembelajaran ”
B.
Isi Jurnal
1. Konsep yang
dipelajari
Pada
pertemuan kedua ini proses perkuliahan berjalan dengan presentasi PowerPoint
dari kelompok IV, dengan topik yang di bawakan tentang “Strategi-strategi
Belajar dan Pembelajaran”, dan konsep-konsep pembelajarannya antara lain:
a. Pengertian proses pembelajaran
Proses
pembelajaran merupakan salah satu tahapan penting dalam pembelajaran. Oleh
karena itu, proses pembelajaran perlu ditempuh melalui prosedur yang sistematis
dan sistemik.Proses pembelajaran adalah proses yang di dalamnya terdapat
kegiatan interaksi antara guru-siswa dan komunikasi timbal balik yang
berlangsung dalam situasi edukatif untuk mencapai tujuan belajar.
Pelaksanaan
proses belajar mengajar adalah proses berlangsungnya belajar mengajar di kelas
yang merupakan inti dari kegiatan pendidikan di sekolah. Pelaksanaan
pengajaran adalah interaksi guru dengan murid dalam rangka menyampaikan
bahan pelajaran kepada siswa dan untuk mencapai tujuan
pengajaran.Strategi pembelajaran merupakan suatu serangkaian rencana kegiatan
yang termasuk didalamnya penggunaan metode dan pemanfaatan berbagai sumber daya
atau kekuatan dalam suatu pembelajaran.
b. Perbedaan antara strategi, pendekatan, metode, model
dan tehnik pembelajaran
1) Strategi
Pembelajaran yaitu perencanaan yang berisi tentang rangkaian kegiatan yang
didesain untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu
2) Pendekatan
pembelajaran ialah cara umum dalam memandang permasalahan atau objek kajian.
3) Metode
Pembelajaran
Metode secara etimologis,
metode berasal dari kata “ met” dan “ hodes” yang bearti melalui. Sedangkan
istilah metode adalah jalan atau cara yang harus ditempuh untuk mencapai suatu
tujuan.
4) Model
Pembelajaran
Model pembelajaran pada dasarnya
merupakan bentuk pembelajaran yang tergambar dari awal sampai akhir yang
disajikan secara khas oleh guru.
5) Tehnik
Pembelajaran
Teknik Pembelajaran dapat
diartikan sebagai cara yang dilakukan seseorang dalam mengimplementasikan suatu
metode secara spesifik.
c. Macam-macam strategi dalam belajar
1) Strategi
Mengulang (Rehearsal)
Strategi
mengulang terdiri dari strategi mengulang sederhana (rote rehearsal)dengan cara
mengulang-ulang dan strategi mengulang kompleks dengan cara menggaris bawahi
ide-ide utama (under lining) dan membuat catatan pinggir (marginalnote).
2) Strategi
Elaborasi
Elaborasi adalah
proses penambahan rincian sehingga informasi baru akan menjadi lebih bermakna.
3) Strategi
Organisasi
Strategi
Organisasi bertujuan membantu siswa meningkatkan kebermaknaan materi baru,
terutama dilakukan dengan mengenakan struktur-struktur peng-organisasian baru
pada materi-materi tersebut.
4) Strategi
Metakognitif
Metakognitif
adalah pengetahuan seseorang tentang pembelajaran diri sendiri atau berfikir
tentang kemampuannya untuk menggunakan strategi-strategi belajar tertentu
dengan benar.
d. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Strategi Belajar
Mengajar
1) Materi
Pelajaran
2) Siswa
Menurut Dunkin
aspek yang dapat mempengaruhi proses pembelajaran dilihat dari aspek siswa:
Ø Aspek
latar belakang meliputi jenis kelamin siswa, tempat kelahiran, tempat tinggal
siswa, tingkat social ekonomi siswa diihat dari keluarga yang bagaimana siswa
berasal, dan lain-lain.
Ø Aspek
sifat yang dimiliki siswa yang meliputi kemampuan dasar, pengetahuan, dan
sikap.
3) Guru.
Menurut
Dunkin(1974) aspek yang mempengaruhi kualitas proses pembelajaran dilihat dari
factor guru:
Ø Jenis
kelamin serta semua pengalaman hidup guru yang menjadi factor social mereka.
Ø Pengalaman-pengalaman
yang berhubungan dengan aktifitas dan latar belakang pendidikan guru.
Ø Segala
sesuatu yang berhubungan dengan sifat yang dimiliki guru.
4)
Fasilitas
5)
Lingkungan.
2. Hasil berupa
informasi yang dipelajari
Setelah mengikuti diskusi tentang
strategi-strategi belajar dan pembelajaran, maka yang saya pahami
yaitu Strategi
Pembelajaran yaitu perencanaan yang berisi tentang rangkaian kegiatan yang
didesain untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Selain itu macam-macam strategi dalam belajar, meliputi : Strategi
Mengulang (Rehearsal), Strategi Elaborasi, Strategi Organisasi dan Strategi
Metakognitif.
Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi
strategi belajar mengajar, terdiri dari: materi pelajaran, siswa, guru, fasilitas
dan lingkungan
3.
Yang perlu dipelajari lebih lanjut
Yang perlu dipelajari lebih lanjut adalah
bagaimana cara mengaplikasikan strategi-strategi belajar dan pembelajaran dalam
kegiatan pembelajaran sehari-hari.
4.
Pertanyaan yang diajukan beserta jawaban dari kelompok IV
a. Marwani
Strategi-strategii apa saja yang anda terapkan jika
anda menjadi seorang pengajar?
Jawaban :
Strategi yang dapat ditrapkan jika kita menjadi
seorang penajar yaitu strategi mengulang dengan mengulang terus menerus
pelajaran yang kita terima,strategi elobrasi, strategi organisasi dan strategi
metakogitif.
b. Erman
Suwardi
Berikan contoh dari strategi-strategi
belajar !
Jawaban :
Contoh dari strategi belajar salah
satunya yaitu dari strategi menulang antara lain pelajaran yang kita berikan
atau kita trima kita dpat mengulangnya terus,, terutama rumus fisika agar
tersimpan pada memori jangka panjang.
c. La
Ode Aan Fainal Andi
Berikan contoh perbdaan factor-faktor
belajar dari materi pembelajaran.
Jawaban :
Materi pembelajaran tiap mata
pelajaran berbeda struktur dan
pembahasannya misalnya antara matematika
dan biologi dan materi belajar yan
berbeda.
C.
Penilaian Terhadap Tim Penyaji
Penilaian terhadap tim penyanji dapat dilihat
dalam tabel.
No
|
Posisi
|
Penampilan
|
Penguasaan
Konsep
|
Sikap
|
1
|
Penyaji
|
Baik
|
Baik
|
Baik
|
2
|
Penjawab
pertanyaan
|
Baik
|
Baik
|
Baik
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar